03 Jun 2021

Pelatihan Pemasaran & Distribusi Untuk UKM di Kecamatan Sukajadi

Pada Hari Rabu, 6 Mei 2020, telah dilaksanakan Pelatihan Pemasaran dan distribusi untuk di UKM Kecamatan Sukajadi yang diikuti 15 (lima belas) peserta yang merupakan pengusaha Usaha kecil di Kecamatan Sukajadi.  Para Peserta merupakan pedagang retail, pembuat  produk makanan seperti baso aci, cuanki, abon jamur, rangginang, dll.

Pada kesempatan tersebut pelatihan dibagi ke dalam 3 (tiga) sesi, yaitu : 1. Pemasaran secara umum yang disampaikan oleh ibu Dr. Maya Ariyanti, 2. Dampak Pemasaran Digital yang disampaikan oleh Ibu Dinda Zuliestiana, SE., MM serta 3. Distribusi disampaikan oleh Bapak Ir. Soeparwoto,MM

Pada masa pandemic Covid-19 ini, pemasaran dan distribusi produk mereka mengalami hambatan. Mau tidak mau, kebanyakan  masyarakat yang lebih menyukai berbelanja secara online. Produk yang dijual merupakan produk-produk yang sedang trend saat ini, tetapi para pelaku usaha mengalami kendala dalam pemasaran dan distribusinya.

Untuk itu diperlukan pengenalan pemasaran digital  dan distribusi bagi pelaku UKM menjadi penting. Mereka sangat antusias untuk melakukan perdagangan secara online, walau mereka memiliki keterbatasan terutama dalam penggunaan gadget. Dengan bekerja sama antara pelaku ukm dibawah koordinasi dari Koordinator UKM kecamatan Sukajadi, dan edukasi yang dilakukan oleh Tim dari FEB Telkom University, diharapkan mampu membuat para pedagang dapat melakukan brick and Click Store guna meningkatkan pendapatan dan pelayanan kepada para pelanggan khususnya dan masyarakat bandung pada umumnya.