12 Jun 2021

Pelatihan Broadcasting Bagi Para Guru SMK Telkom Jakarta

Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru Tingkat Menengah Melalui Pelatihan Broadcasting merupakan tema yang dipilih untuk melakukan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (Abdimas) kali ini. Bekerja sama dengan SMK Telkom Jakarta yang menjadi mitra untuk melakukan pelatihan pada guru-guru tingkat menengah dalam meningkatkan kompetensi mengajar melalui keterampilan broadcasting. Kegiatan Abdimas ini dilakukan oleh para dosen Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Dr. Fetty Poerwita Sary, Dr. Maria Sugiat, dan Dr. Nidya Dudija.
Di era disrupsi teknologi yang semakin canggih ini, guru dituntut agar memiliki kemampuan dalam bidang teknologi pembelajaran. Selain itu, kondisi pandemi Covid 19 ini juga telah memaksa semua pihak untuk dapat beradaptasi dengan keadaan yang disebut dengan New Normal. Dimana, protokol kesehatan yang digaungkan oleh pemerintah, salah satunya adalah untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sehingga, pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini, mau tidak mau harus pula menyesuaikan dengan kondisi ini. Para guru dituntut untuk inovatif dalam membuat proses belajar terasa menyenangkan bagi siswa didik dan tidak memberatkan orang tua yang tetap harus bekerja namun masih harus membimbing anak-anak mereka belajar di rumah. Kondisi saat ini, para guru didorong untuk memaksimal metode dan cara penyampaian ke siswa didik mereka, salah satunya dengan menggunakan broadcasting.
Mengajar dengan memanfaatkan ilmu broadcasting akan sangat bermanfaat bagi para guru. Definisi dari broadcast itu sendiri adalah suatu proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya, dan bisa juga didefinisikan sebagai layanan server ke client yang menyebarkan data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau audio. Misalnya, guru membuat konten berupa video atau audio kreatif sebagai bahan pengajaran, lalu guru dapat membroadcast video atau audio tersebut sehingga dapat ditonton dan didengarkan oleh para siswanya secara bersamaan. Tentu saja dibutuhkan keterampilan tertentu untuk dapat mengimplementasikan keterampilan broadcasting ke dalam pengajaran.
Pada Pelatihan Broadcasting kali ini, dengan narasumber Dr. Maria Sugiat yang dimoderatori oleh Dr. Fetty Poerwita Sary, para peserta akan belajar mengenai pengenalan broadcasting, pengenalan alat, proses dan program, public speaking, simulasi, dan etika dalam broadcasting, dimana materi ini dapat membantu para guru meningkatkan pengetahuan mereka tentang cara mengajar yang menerapkan keterampilan broadcasting pada kelas yang mereka ajar.
Adapun Pelatihan targeting ini telah dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Juni 2021 pukul 13.00-15.00 WIB yang diikuti oleh kurang lebih 52 peserta. Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan SMK Telkom Jakarta, ibu Nurul Hadini dan juga perwakilan dari FEB, Dr. Nidya Dudija. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan fasiltas berupa E-Certificate, Pulsa, dan Materi.