Pelatihan Penentuan Harga Pokok Produksi bagi UMKM di Wilayah Cimahi

Pelatihan Penentuan Harga Pokok Produksi bagi UMKM di Wilayah Cimahi

Pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan oleh tim Pengabdian Masyarakat yang merupakan bagian dari Kelompok Keahlian Finance and Accounting Studies, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University, yang terdiri dari Dr. Leny Suzan, S.E., M.Si, CIFM. sebagai ketua dan dua anggotanya yaitu Dewa Putra Krishna Mahardika, M.Si. dan Ali Riza Fahlevi S.E., Ak., M.Acc., C.A. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 November 2022 bertempat di Cimahi, Jawa Barat, dengan masyarakat sasarnya adalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah kota Cimahi.
Salah satu kendala yang dihadapi oleh UMKM terkait operasi produksi adalah penentuan harga pokok produksi (HPP), dimana HPP akan menjadi dasar dalam penentuan harga jual produk yang dihasilkan oleh UMKM. Kesalahan dalam penentuan HPP berakibat harga jual yang akan ditetapkan tidak tepat.
Dengan keterbatasan pengetahuan keuangan yang dimiliki UMKM, penentuan HPP yang dilakukan oleh UMKM hanya memperhitungkan biaya langsung. Kondisi ini dapat dipahami karena memang biaya langsung yang merupakan biaya yang melekat pada produk. Sedangkan biaya tidak langsung umumnya diabaikan atau jika diperhitungkan maka alokasi penentuan biaya tidak langsung tidak akurat.
Dengan kondisi ini, maka tim pengabdian masyarakat Fakutas Ekonomi dan Bisnis Telkom University (kelompok keahlian Financial and Accounting Studies) mengadakan kegiatan yang ditujukan untuk UMKM wilayah Cimahi. Kegiatan tersebut memfokuskan bagaimana melakukan penentuan HPP yang akan dijadikan dasar dalam penentuan harga jual produk.