Home » News
Sharing Session:”Meraih Sukses Studi Lanjut di Luar Negeri”

Sharing Session:”Meraih Sukses Studi Lanjut di Luar Negeri”

BANDUNG, TEL-U –Melanjutkan studi di luar negeri bukan perkara mudah. Situasi yang berbeda dengan di tanah air dapat memunculkan reaksi yang beragam pula bagi mahasiswa asal Indonesia. Bagi yang ingin sukses meraih mimpinya di negeri orang, tak perlu ragu untuk menaklukan tantangan seberat apa pun.

Begitulah salah satu benang merah yang dapat disimak dari sesi berbagi (sharing session) bertajuk “Meraih Sukses Studi Lanjut di Luar Negeri” yang digelar di Gedung Miossu, Jum’at (2/9) lalu. Diselenggarakan oleh  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), acara dihadiri oleh para dosen dari berbagai fakultas di Telkom University (Tel-U).

Tampil sebagai pembicara dua orang yang pernah mengenyam bangku kuliah di luar negeri. Mereka adalah Muhammad Reza, Ph.D dan Roby Muhamad, Ph.D. Muhammad Reza,Ph.D adalah orang yang mendalami ilmu Power System Technology di Delft University Belanda, dan juga seorang Business Development Manager untuk Solvina International Sweden.

Sedangkan Roby Muhamad, Ph.D adalah orang yang mendalami Big Data Analytics Using Social Media dan juga merupakan seorang Educator dan Entrepreneur lulusan S3 Social Networks, Columbia University USA.

Dalam acara tersebut, mereka menceritakan bagaimana menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang dihadapi dalam menjalani studi S3 di luar negeri. Reza misalnya, lahir dari keluarga sederhana yang sejak kecil selalu berprestasi dan tidak pernah mendapatkan rintangan yang berat dalam menyelesaikan sekolah. Namun ketika kuliah di luar negeri, dia menghadapi tantangan yang berbeda, sehingga membuatnya lebih mudah menyerah.

Berbeda dengan Reza, Roby merupakan orang dengan latar belakang keluarga kaya raya atau berkecukupan, dan semua kebutuhannya selalu terpenuhi. Namun ketika Roby kuliah di luar negeri, dia harus bertahan hidup dengan kemampuannya sendiri.

Melalui seri berbagi ini diharapkan akan dibentuk forum group dosen Tel-U yang sedang studi lanjut, terutama di luar negeri, dan kedua pembicara ini akan ikut membantu menjadi konselornya. (purel/tys/raf)

Comments are closed.