01 Nov 2019

Pelatihan Pemasaran Digital Untuk Produk Pasar Tradisional di Komunitas Sakola Pasar

Pada Hari Rabu, 31 Oktober 2019 bertempat di Pasar Cihapit, telah dilaksanakan Pelatihan. Pelatihan Pemasaran Digital Untuk Produk Pasar Tradisional di Komunitas Sakola Pasar tersebut diikuti 20 (duapuluh) peserta yang merupakan pedagang di Pasar Cihapit.  Para Peserta merupakan pedagang produk seperti sayur mayur, daging potong, tahu tempe, juga buah buahan serta kebutuhan sehari-hari lainnya.

Pada kesempatan tersebut pelatihan dibagi ke dalam 3 (tiga) sesi, yaitu : 1. Pemasaran secara umum yang disampaikan oleh ibu Dr. Maya Ariyanti, 2. Pemasaran Digital yang disampaikan oleh Dra. Indrawati, Ph.D serta 3. Dampak Pemasaran Digital yang disampaikan oleh Ibu Dinda Zuliestiana, SE., MM

Pasar Tradisional saat ini sudah mulai banyak ditinggalkan, banyak masyarakat yang lebih menyukai berbelanja di pasar modern atau mereka memilih untuk membeli makanan jadi secara online. Pasar Cihapit yang secara lokasi sangat strategis berada ditengah kota, mengalami penurunan pengunjung. Padahal pasar Cihapit merupakan percontohan pasar yang sudah di desain secara kontemporer pada tahun 2017 lalu. Tetapi perilaku masyarakat saat ini telah dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan, sehingga banyak dari masyarakat bandung yang lebih memilih untuk bertransaksi online.

Untuk itu diperlukan pengenalan pemasaran digital bagi para pedagang. Mereka sangat antusias untuk melakukan perdagangan secara online, walau mereka memiliki keterbatasan terutama dalam penggunaan gadget. Dengan bekerja sama antara Sakola Pasar dan PD Pasar Cihapit, dan edukasi yang dilakukan oleh Tim dari FEB Telkom University, diharapkan mampu membuat para pedagang dapat melakukan brick and Click Store guna meningkatkan pendapatan dan pelayanan kepada para pelanggan khususnya dan masyarakat bandung pada umumnya. (Maya Ariyanti)