11 Sep 2019

FEB DUKUNG EMBRIO KAMPUNG WISATA DI KAMPUNG LEBAK SIUH DAGO BANDUNG

FEB, Abdimas merupakan salah satu elemen tridharma perguruan tinggi yang terus menerus dilakukan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, pada Jumat, 6 September 2019 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kampung Lebak Siuh – Ciburial Dago Bandung. Letak Kampung Lebak Siuh relatif mudah dijangkau, selain keindahan alam dan udara yang sejuk kampung ini dikelilingi pepohonan rimbun. Keberadaan pabrik Tahu dan beberapa hewan ternak juga perkebunan merupakan keunggulan yang langsung dapat dirasakan ketika mengunjungi Kampung ini.

Dalam Abdimas lintas Kelompok Keahlian ini FEB berbagi informasi mengenai bagaimana rencana tahapan Kampung Lebak Siuh menuju Kampung Wisata. Tiga materi utama disertakan yaitu Kanvas Bisnis Model yang disampaikan oleh Elvira Azis, Penyusunan Laporan Keuangan yang disampaikan oleh Dr. Majidah dan Muhamad Muslih  serta Pembuatan  website oleh  Dr. Adhi Prasetio.

“Memiliki website saat ini merupakan hal penting, agar orang-orang bisa mengakses informasi mengenai kelebihan kampung Lebak Siuh, website adalah sarana bagi orang-orang untuk mengakses informasi mengenai Kampung ini” Ujar Adhi Prasetio salah satu pemateri pembuatan website. Sementara itu, di waktu yang sama Dodie Tricahyono – Dekan FEB menyampaikan kepada Bapak Allan Nur Ichsan Rahman selaku Ketua Yayasan Mathla’ul Furqon bahwa FEB siap memberikan pendampingan untuk Kampung Lebak Siuh dalam memetakan potensinya, mempersiapkan penyusunan Laporan Keuangan serta memberikan akses penuh untuk memperkaya konten  website yang sudah disusun untuk Kampung Lebak Siuh.

Allan mengatakan bahwa kedepannya ia berharap Universitas Telkom melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan  kegiatan serupa di lingkungan Kampung Lebak Siuh agar masyarakat dapat terbantu oleh ilmu-ilmu aplikatif dari para ahlinya, dan Kampung Lebak Siuh sangat bersedia menjadi laboratorium para akademisi untuk mempraktekan keilmuannya. “Masih banyak potensi yang belum maksimal, yang tentunya jika dimaksimalkan akan membantu membangun  dan perekonomian masyarakat Kampung Lebak Siuh, ya ujungnya adalah kesejahteraan” tutup Allan.