Penyuluhan Kompetensi Pemasaran Digital untuk Peternak Sapi Perah
PENGABDIAN MASYARAKAT PENYULUHAN KOMPETENSI PEMASARAN DIGITAL BAGI PETERNAK SAPI PERAH DI DESA KERTAWANGI
Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2024 di PKBM Bina Terampil Mandiri Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat ini diketuai oleh Puspita Wulansari, SP, M.M., Ph.D bersama dengan Willy Sri Yuliandhari, SE, MM, Ak, Ph.D sebagai anggota. Pengabdian masyarakat ini menyasar para peternak sapi perah di wilayah Desa Kertawangi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya kompetensi pemasaran digital bagi para peternak sapi perah, karena dapat meningkatkan visibilitas produk dan efisiensi pemasaran. Melalui website, media sosial, dan platform e-commerce, peternak dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dengan biaya yang murah. Media sosial juga memungkinkan interaksi langsung dengan konsumen, menerima umpan balik, dan membangun hubungan yang kuat. Alat pemasaran digital membantu menganalisis efektivitas kampanye dan memahami perilaku konsumen untuk mengoptimalkan strategi. Selain itu, pemasaran digital membantu membangun merek yang dikenali dan dipercaya oleh konsumen, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas. Hal ini juga membuka peluang untuk menjangkau pasar baru, termasuk pasar internasional. Melalui konten yang informatif, petani dapat mengedukasi konsumen tentang kualitas dan manfaat produk. Pemasaran yang lebih tepat sasaran berdasarkan demografi dan minat membuat kampanye menjadi lebih efektif, meningkatkan penjualan dan keberlanjutan usaha peternak sapi perah. Kegiatan Abdimas ini berjalan dengan lancar dimana terdapat 32 masyarakat sasaran dan mendapat respon positif dari masyarakat sasaran.