Penyuluhan Kompetensi Digital Marketing Bagi Peternak Sapi Perah

Penyuluhan Kompetensi Digital Marketing Bagi Peternak Sapi Perah

PENGABDIAN MASYARAKAT
PENYULUHAN KOMPETENSI DIGITAL MARKETING
BAGI PETERNAK SAPI PERAH DI DESA KERTAWANGI

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2024 bertempat di PKBM Bina Terampil Mandiri Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat diketuai oleh Puspita Wulansari, SP., M.M., Ph.D beserta Willy Sri Yuliandhari, SE., MM., Ak., Ph.D sebagai anggota. Pengabdian Masayarakat kali ini menyasar para peternak sapi perah di wilayah Desa Kertawangi.
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya kompetensi digital marketing bagi peternak sapi perah, karena dapat meningkatkan visibilitas produk dan efisiensi pemasaran. Melalui website, media sosial, dan platform e-commerce, peternak dapat mencapai konsumen lebih luas dengan biaya rendah. Media sosial juga memungkinkan interaksi langsung dengan konsumen, menerima umpan balik, dan membangun hubungan kuat. Alat digital marketing membantu menganalisis efektivitas kampanye dan memahami perilaku konsumen untuk mengoptimalkan strategi.

Selain itu, digital marketing membantu membangun merek yang dikenal dan dipercaya konsumen, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas. Ini juga membuka peluang menjangkau pasar baru, termasuk internasional. Melalui konten informatif, peternak bisa mendidik konsumen tentang kualitas produk dan manfaatnya. Pemasaran yang lebih tepat sasaran berdasarkan demografi dan minat membuat kampanye lebih efektif, meningkatkan penjualan dan keberlanjutan bisnis peternak sapi perah. Kegiatan Abdimas ini berjalan dengan lancar dimana terdapat 32 masyarakat sasar dan mendapat respon yang positif dari masyarakat sasar.