Pelatihan Strategi Pengembangan Rumah Pendidikan Qur’an “Masjid Izzatul Mu’minin”

Pelatihan Strategi Pengembangan Rumah Pendidikan Qur’an “Masjid Izzatul Mu’minin”

SDG 4, Pendidikan Berkualitas, adalah salah satu Sustainable Development Goals (SDGs) yang diacu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Tim Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University di Masjid Izzatul Mu’minin (MIM). Masjid ini berlokasi di Kecamatan Lembang, tepatnya di Jl. Raya Lembang KM. 14 RT 03 / RW 08 Kabupaten Bandung Barat.

Masjid makmur adalah harapan pengurus, jamaah dan masyarakat. Masjid Izzatul Mu’minin(MIM) di Lembang baru lepas menghadapi tantangan stagnansi pengelolaan dan kemakmurannya.  Pengurus baru hadir dengan visi baru untuk menjadikan MIM masjid makmur. Meskipun banyak rintangan, perbaikan signifikan terlihat dari berbagai kegiatan termasuk Rumah Pendidikan Quran (RPQ) anak-anak.  Saat ini, RPQ berperformansi sangat baik dengan 50 santri dalam waktu singkat.  Namun, dibalik itu banyak rintangan: sdm, finansial dan belum adanya strategi pengembangan.  Berdasarkan hal-hal tersebut, tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah mendukung RPQ MIM agar dapat berkembang berkelanjutan.

PkM dilaksanakan pada Juli-Oktober 2024. Tim PkM dari FEB Telkom University (Tel-U) terdiri dari dosen dan mahasiswa yang diketuai oleh Dr. Ir. Mohammad Riza Sutjipto, M.T. Dengan anggota dosen yaitu Dr. Ir. Rina Djunita Pasaribu, M.Sc. Serta anggota dari mahasiswa yaitu Khaulah Wardatul F dan Rafa Maisa Shabira. Sementara RPQ MIM sebagai sasaran sasar di wakili oleh Mohamad Fadhian Budiman dan Susantina.

Metoda yang digunakan adalah Pelatihan dan Pendampingan. Pelatihan dg materi konsep manajemen strategik, khususnya perumusan strategi, dilanjutkan pendampingan praktek hasil pelatihan dengan objek RPQ.  PkM juga melakukan pembenahan sarana kelas.  Evaluasi dilakukan dengan wawancara, observasi dan kuesioner.

 

Hasil PkM adalah pemahaman baru atau pendalaman bagi pengajar/pengurus RPQ MIM tentang konsep manajemen strategik dan experiential learning dalam perumusan 10 strategi pengembangan RPQ dengan prioritasnya.  PkM juga menghasilkan penambahan/perbaikan  2 papan tulis dan 30 meja anak. Berdasarkan evaluasi, hasil PkM telah melebihi ekspektasi RPQ MIM.  Secara keseluruhan, hasil PkM sangat diapresiasi juga oleh santri anak, orang tua, juga oleh tokoh masyarakat.