Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya

Pentingnya Holding Company Bumdes: Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya

Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kab. Tasikmalaya mendapat perhatian besar dalam beberapa tahun terakhir karena potensinya mendorong pembangunan pedesaan dan pertumbuhan ekonomi. BUMDES adalah entitas unik yang memainkan peran penting dalam memberdayakan masyarakat lokal dengan menawarkan kesempatan kerja, pembangunan infrastruktur, dan meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi secara keseluruhan. Terlebih lagi, banyak sekali hasil usaha yang berasal dari wilayah ini yang perlu dikelola dengan baik. Namun, terlepas dari potensi manfaatnya, BUMDES sering kali menghadapi tantangan seperti terbatasnya sumber daya keuangan, kurangnya keahlian, dan praktik manajemen yang tidak efisien. Oleh karena itu, beberapa pihak yang terkait dengan pengelolaan BUMDES membutuhkan banyak bantuan terkait dengan permasalahan yang dihadapi.

Menanggapi tantangan-tantangan ini, beberapa pihak terkait, diantaranya KADIN Kab. Tasikmalaya dan beberapa pihak yang berkepentingan merasa perlu untuk mendirikan perusahaan induk (holding company) yang berperan untuk menjembatani antara pelaku usaha yang ada di masing – masing desa dengan konsumen. Hal  yang dianggap penting dari pendirian holding company adalah sebagai pendekatan strategis untuk menyederhanakan operasi, mengoptimalkan sumber daya, dan meningkatkan kinerja BUMDES secara keseluruhan. Dengan memusatkan fungsi manajemen, memberikan panduan strategis, dan membina kolaborasi antar perusahaan di bawah payungnya, perusahaan induk dapat secara efektif memenuhi kebutuhan BUMDES yang kompleks dan memaksimalkan potensi mereka untuk pembangunan dan pertumbuhan berkelanjutan.

Oleh karena itu, dosen Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika (MBTI) dari Universitas Telkom bekerja sama dengan Faculty Applied Communication Multimedia University, Malaysia berkolaborasi dengan Kadin Kabupaten Tasikmalaya dan pengelola BUMDES untuk menginisiasi pendirian holding company untuk BUMDES di Kab. Tasikmalaya. Ide ini muncul dari hasil diskusi dan FGD yang dilakukan pada hari Sabtu, 29 Juni 2024. Pada dasarnya, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan tahun lalu, dimana pada tahun lalu tim dosen mendapatkan banyak masukan terkait kendala dan harapan dari para pengelola BUMDES di wilayah tersebut. Pengelolaan holding company ini dirasa sangat penting untuk dilaksanakan, karena ini merupakan salah satu upaya untuk percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kab. Tasikmalaya.

Banyak hal yang perlu disiapkan dan dilakukan dalam pendirian holding company ini, dianataranya adalah perencanaan yang matang, persetujuan dari pihak desa masing – masing, pembentukan badan hukum, penyusunan anggaran dasar, pendataan serta penggabungan asset usaha, serta pengawasan dan pelaporan. Untuk itu memang diperlukan kerjasama dari berbagai pihak, dimana pihak perguruan tinggi membantu terkait pengelolaan organisasi, terutama kesiapan SDM. Sebagai Langkah awal dari pembentukan holding company ini, maka pihak – pihak yang terkait bertekad untuk terus bersinergi serta berpacu dengan waktu, agar perekonomian masyarakat Kab. Tasikmalaya dapat terus meningkat dan sejahtera (AVA).