4 Karakteristik Ekonomi Kreatif, Pelaku Bisnis Harus Tahu

4 Karakteristik Ekonomi Kreatif, Pelaku Bisnis Harus Tahu

Perkembangan ekonomi semakin pesat, adanya karakteristik ekonomi kreatif memberitahukan kalau bisnis bisa berputar seperti roda, seperti apa karakteristiknya? 

Supaya ekonomi semakin berkembang maka membutuhkan ekonomi kreatif, dimana konsep ekonominya berjalan sesuai dengan kreativitas pelaku ekonomi. Selain itu, ada beberapa karakteristik ekonomi kreatif yang harus dipahami. Sehingga bisa berjalan sesuai dengan rencana. Lau apa saja karakteristiknya? Berikut penjelasannya. 

 

Karakteristik Ekonomi Kreatif 

Ekonomi kreatif merupakan salah satu konsep ekonomi baru dengan mengedepankan ide dan pengetahuan sumber daya pelaku ekonomi. Sehingga bisa menghasilkan ekonomi yang semakin berkembang dan berguna untuk pembangunan ekonomi. Ada beberapa karakteristik ekonomi kreatif yang harus diketahui oleh pelaku ekonomi. Berikut ulasannya. 

  1. Memiliki elemen utama

Ekonomi kreatif tidak akan berjalan jika tidak memakai elemen utamanya. Diantaranya adalah kreatifitas, keahlian, dan bakat. Semuanya harus memiliki nilai jual yang bisa dilakukan melalui penawaran kreasi intelektual. 

Sebuah bisnis yang kreatif akan selalu mengikuti ide atau gagasan dari pelaku bisnisnya. Ketika pelaku bisnis bisa berpikir secara kreatif maka bisnisnya akan bisa terus berjalan. Bahkan bisa juga terus berkembang. Tentu saja idenya harus sesuai dengan kebutuhan calon konsumennya. 

  1. Pengembangannya terbuka dan tidak terbatas

Perlu diketahui kalau ide dan kreatifitas tidak memiliki batasan, bahkan ada yang mengatakan tidak terbatas. Seperti hal dengan berbisnis. Orang yang kreatif akan melakukan berbagai macam kreatif dalam berbisnis. Sehingga bisa dikatakan kalau bisnis kreatif tidak akan ada matinya. 

Pebisnis tidak akan memakai cara yang kolot untuk mengembangkan bisnisnya. Mereka akan mencari cara yang kreatif agar bisnisnya bisa terus berjalan. Itulah salah satu karakteristik dari ekonomi kreatif. 

  1. Membutuhkan kerjasama yang baik dengan segala pihak

Ibaratnya sebuah mobil tidak akan berjalan tanpa adanya bantuan roda, bensin dan lainnya. begitu juga sebuah bisnis tidak akan berjalan jika tidak adanya kerjasama yang baik dari semua pihak yang terlibat. Mulai dari pelaku usaha, kaum intelektual, dunia usaha, dan juga pemerintah. 

  1. Bisnis yang dibangun bersifat relatif dan mudah terganti dengan yang lain

Setiap bisnis bergantung pada kemajuan zaman, teknologi, dan tren yang beredar di masyarakat. Maka tidak heran selalu ada produk atau jasa baru dan menggantikan yang lama. siklus bisnis tersebut akan terus berputar dengan jangka waktu yang pendek. 

Itulah 4 karakteristik dari ekonomi kreatif. Semuanya harus diketahui, terutama bagi pelaku bisnis. Jika ingin mempelajari tentang seputar bisnis yang sedang berkembang saat ini. Bisa gabung bersama Telkom University