20 Agu 2019

Akademisi Mengabdi Memajukan Pasar Tradisional: Transformasi Pasar Tradisional Menjadi Pasar Modern

Hari Selasa, 12 Desember 2018 telah diadakan pengabdian masyarakat sebagai program rutin dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Telkom University (Tel-U) di Pasar Cicalengka  Program rutin ini merupakan salah satu bentuk tri dharma dosen yang dilakukan untuk membantu memajukan pasar tradisional sejak tahun 2016 dengan mengusung tema transformasi menuju pasar semi modern.

Jumlah pasar tradisional menurun sebesar 8,1% sepanjang 2011. Keadaan tersebut berbanding terbalik dengan pasar modern yang tumbuh 31,4% pada periode yang sama. Pembinaan pasar tradisional memerlukan upaya terintegrasi, mulai di tingkat kebijakan hingga di tingkat operasional. Pembinaan di tingkat operasional diwujudkan dalam bentuk: (1) pembinaan manajemen pasar tradisional dan pedagang pasar serta pembinaan PKL dan lingkungannya, (2) ketertiban perparkiran, penataan jalur angkutan kota, (3) penataan tempat pejalan kaki (pedesterian), dan (4) kawasan wisata kuliner.

Pelatihan peningkatan kompetensi pengelola pasar tradisional dibagi menjadi dua yaitu manajemen pasar tradisional dan strategi bersaing menghadapi minimarket atau ritel modern bertujuan untuk menyelesaikan masalah masyarakat sasar yaitu pengelola pasar tradisional untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan dan meningkatkan kemampuan bersaing pasar tradisional menghadapi minimarket atau retail modern.