15 Jun 2021

STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK KELOMPOK PETANI KOPI EKA HARAPAN

Perkembangan teknologi yang memanfaatkan aspek digitalisasi adalah sebuah keniscayaan dan menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari lagi. Aspek manajemen yang tidak bisa lepas dari digitalisasi ini salah satunya adalah pemasaran. Pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran sudah sangat banyak dilakukan oleh beragam organisasi di berbagai bidang dan di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali usaha berskala mikro, kecil dan menengah (UMKM). Selain organisasi yang memanfaatkan pemasaran digital, pihak lain yang juga merasakan manfaatnya adalah konsumen dan pelanggan dari organisasi tersebut. Pemasaran digital pun terbukti memberikan manfaat secara tidak langsung bagi pihak-pihak lain seperti pemerintah dan akademisi. Namun demikian, pemasaran digital yang sudah terbukti bermanfaat ini ternyata masih sedikit dipahami dan dimanfaatkan oleh pelaku usaha di daerah non perkotaan. Salah satunya adalah Keluarga Kelompok Tani Eka Harapan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Oleh karena itu, pemberian pelatihan strategi pemasaran digital kepada para petani kopi ini dirasa penting. Dalam pelatihan ini, Tim FEB yang terdiri dari Jurry Hatammimi, Lia Yuldinawati, dan Grisna Anggadwita memberikan pemahaman sekaligus pembiasaan kepada para petani kopi untuk menggunakan strategi pemasaran digital dalam menunjang pemasaran produk mereka. Mengingat media untuk memasarkan produk secara digital bisa dibagi menjadi 3 jenis, yaitu media sosial, messenger, dan marketplace, maka materi pelatihan yang diberikan pun dibagi berdasarkan 3 jenis ini. Dengan pemberian pelatihan, diharapkan produk para petani kopi ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan berujung kepada meningkatnya penjualan produk sekaligus kontinuitas penyerapan produk oleh pelanggan yang ada.