15 Apr 2021

“Sosialisasi Penggunaan Internet Bijak Saat Pandemi Covid-19 Pada Guru dan Orang Tua di SD Pintar Bandung”

Pada saat ini kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19, dimana memaksa kegiatan kita seperti bekerja ataupun sekolah dilakukan dari rumah yang tentu saja menggunakan internet, gadget, serta aplikasi-aplikasi yang berbasis teknologi. Dalam kondisi tersebut pendidikan di Indonesia saat ini berada pada sistem pendidikan jarak jauh (PJJ), yang mana tetap memerlukan peranan orang tua dan keluarga, internet, serta anak harus tetap menggali dan terhubung pada sumber informasi (guru, google, youtube).

Dalam menyikapi hal ini orang tua haruslah bijak dalam membimbing dan mendampingi anak menggunakan internet, gadget, serta aplikasi-aplikasi yang berbasis teknologi tesebut. Satu sisi tentu terdapat ketakutan terhadap anak yang nantinya kecanduan terhadap gadget, namun disisi lain anak harus menggunakan gadget dan internet untuk kegiatan belajar (sekolah) serta dalam mengerjakan tugas. Usia anak pada masa pertumbuhan tentu saja menentukan pertumbuhan atau pembentukan karakternya kelak.

Oleh sebab itu, dalam memenuhi kewajiban dan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada KK ICT Based Management yang diketuai oleh Heppy Millanyani, Ph.D dengan anggota Indira Rachmawati, Ph.D dan Ratih Hendayani, Ph.D. Serta dengan mahasiswa Alvian Putra Pamungkas dan Salsabila Kusumaningtyas, pada hari Sabtu, tanggal 10 April 2020 melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan masyarakat sasar SD Pintar Bandung.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan pengetahuan mengenai penggunaan internet bijak untuk kegiatan belajar mengajar selama pandemi Covid-19. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan pembentukan karakter serta kesehatan jiwa raga siswa SD yang masih kecil atau dalam usia pertumbuhan. Kegiatan ini tentunya diharapkan dapat memberikan dampak positif dan solutif bagi masyarakat sasar.

Download