28 Jul 2021

Process Groups & Knowledge Areas dalam Feasibilty Study

Sejalan dengan perkembangan dan tuntutan zaman terhadap mutu dan kualitas pendidikan, berbagai perundang-undangan telah dikeluarkan pemerintah untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di Indonesia. Peningkatan mutu pelayanan pendidikan dilakukan dengan menetapkan 8 (delapan) standar pendidikan yang dipandang mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan. Salah satu Lembaga Pendidikan di Indonesia adalah Telkom School. Lembaga Pendidikan saat situasi pandemi ini memiliki tantangan tersendiri. Dimana dunia Pendidikan memberikan lebih banyak ruang untuk para guru lebih kreatif dalam  alam menggunakan teknologi. Selain tantangan, hal ini juga bisa menjadi kesempatan bagi guru-guru untuk lebih mahir teknologi serta meningkatkan keahlian dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang akan membantu para siswa/pelajar menjadi kompeten menghadapi era 5.0. Keterampilan yang paling penting pada abad ke-21 ialah selfdirected learning atau pembelajar mandiri sebagai outcome dari edukasi.

Kondisi pandemi yang secara tidak langsung memaksa seluruh layanan termasuk didalamnya adalah Pendidikan dilakukan secara daring. Tidak hanya pengajaran tapi fungsi-fungsi layanan pendukung juga perlu menyesuaikan sehingga tetap dapat memberikan pelayanan yang optimal dalam rangka mencapai kepuasan pelanggan yang optimal pula. Oleh sebab itu, Tenaga Penunjang Akademik (TPA) Telkom School perlu menyesuaikan untuk dapat men-delivery customer service excellence meskipun dalam kondisi pandemi.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini diharapkan memberikan pemahaman baru bagi TPA dan guru di Telkom Schools tentang pentingnya konsep dari penerapan Process Groups dan Knowledge Areas khususnya terkait Feasibilty Study Manajemen Proyek. Dengan adanya peningkatan pemahaman di bidang manajemen proyek ini diharapkan para guru di Telkom Schools dapat meningkatkan inovasi dan perbaikan dalam proses belajar mengajar sehingga dengan adanya perubahan ini dapat memberikan dampak positif serta mendorong perbaikan yang signifikan dalam membentuk system pendidikan yang lebih inovatif di lingkungan Telkom Schools pada masa yang akan datang. Pelatihan Manajemen Proyek mengenai Penerapan Process Groups dan Knowledge Areas dalam Feasibilty Study untuk Guru Telkom Schools ini telah dilaksanakan pada hari Senin, 14 Juni 2021 pukul 08.00-11.00 WIB yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh moderator merangkap sebagai ketua pelaksana Khairani Ratnasari Siregar, S.Si, M.T, kemudian dilanjutkan oleh pemateri Bapak Ir. Soeparwoto, MM. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan fasiltas berupa e-Certificate, Pulsa, dan Materi.