04 Des 2020

Pelatihan Targeting untuk UMKM Jabar

Pelatihan Targeting ini merupakan kelanjutan dari Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website yang sudah dilaksanakan pada kegiatan Abdimas sebelumnya. Masih bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat (DISKUK Jabar) khususnya Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha (UPTD P3W), Abdimas kali ini masih menyasar UMKM-UMKM binaan untuk diberikan pelatihan secara daring dalam rangka mengembangkan Kompetensi SDM unggul di bidang E-Commerce. Kegiatan Abdimas kali ini dilakukan oleh para dosen Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Dr. Adhi Prasetio, Dr. Fetty Poerwita Sary, dan Dr. Nidya Dudija.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sebagai wujud pemecahan solusi terhadap permasalahan literasi TIK dalam memanfaatkan internet untuk kepentingan pemasaran produk. Diharapkan kemampuan digital marketing yang nanti akan mereka dapatkan, dapat membantu mereka dalam menjual produk-produk mereka ke pasaran sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan menyejahterakan UMKM
Adapun Pelatihan targeting ini dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Oktober 2020 pukul 08.00-10.00 yang diikuti oleh kurang lebih 25 peserta. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Drs. Kusmana Hartadji, MM. Hadir pula dalam pelatihan ini Kepala UPTD P3W, Dra. Tini Djumartini, Kepala seksi penyelenggara pelatihan, Yuyun Tedjasumekar, widyaiswara dan UMKM yang bergerak di berbagai bidang diantaranya makanan dan minuman, batik, aksesoris, dan sepatu. Untuk para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan fasiltas berupa E-Certificate, Pulsa, dan Materi.
Pada Pelatihan targeting kali ini, dengan narasumber Dr. Adhi Prasetio, para peserta akan belajar melakukan tahapan pemasaran digital di Website yaitu penentuan target market dan melakukan keyword research. Diharapkan dari kegiatan ini, para peserta UMKM dapat mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju serta dapat mewujudkan SDM yang kompeten, produktif, profesional, dan berdaya saing di era globalisasi. Untuk kedepannya, kegiatan ini dapat terus berjalan baik yang sifatnya pemantauan peserta UMKM yang sudah mengikuti pelatihan, atau pemberian materi bagi peserta UMKM yang baru.