Penyusunan Anggaran untuk Promosi Desa Wisata Sugihmukti
Pada hari Selasa tanggal Selasa 30 Juli 2024, pada pukul 08.30-12.30, di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung Barat, telah diadakan kegiatan pengadian kepada masyarakat di desa Sugihmukti, dengan peserta sebanyak 11 orang yang merupakan pelaku dan pengelola desa wisata di Desa Sugihmukti. Potensi Desa Wisata Sugihmukti dapat dilihat dari potensi wisata yang dapat ditawarkan oleh desa tersebut. Berdasarkan media sosial instagram desa ini, beberapa potensi wisata yang ada di desa tersebut adalah hutan dengan alam serta kekayaan jenis burung yang banyak, penjaga leuweung (hutan), pencak silat, sisingaan, domba uget, seni bedug, tracking dan perkebunan kopi juga strawberry.
Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Telkom dengan melibatkan beberapa mahasiswa pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahanam mengenai penyusunan anggaran untuk promosi desa wisata,
terkait degan bagaimana cara menyusun anggaran untuk menentukan harga jual setiap paket wisata, menentukan biaya, dan mengidentirikasi biaya. Hal ini didapatkan dengan menganalisa permasalahan yang dihadapi yang dilakukan pada saat pre-survey oleh Dr. Nora Amelda Rizal beserta mahasiswa-mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dimana permasalahan terkait mengenai promosi desa wisata ini adalah bahwa pelaku desa wisata belum dapat menentukan biaya untuk setiap paket wisata yang dimiliki, belum mengetahui bagaimana perhitungan profit sharing, belum melakukan pembukuan yang baik, dan belum paham membuat perjanjian bisnis.
Acara pengabdian Masyarakat ini diawali dengan pemaparan materi terkait penyusunan anggaran promosi, tepat pada pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh 11 peserta, dimana acara dibuka oleh pihak Telkom University, dan disambut oleh Sekretaris Desa Sugihmukti. Dilanjutkan penyampaian materi oleh Dr. Dini Wahjoe Hapsari dengan diasistensi oleh Dr. Nora Amelda Rizal dan Dr. Hosam Alden Riyadh. Pemaparan materi yang diberikan adalah mengenai anggaran pembiayaan, kemudian dijelaskan mengenai definisi biaya operasional dan biaya investasi, juga pentingnya promosi serta bagaimana melakukan promosi, menghitung laba bersih dari Paket Wisata dan menentukan profit sharing Paket Wisata.
Untuk memastikan kepuasan atas pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh kelompok kami di Desa Sugihmukti pada tanggal 30 Juli 2024, maka telah dilakukan survey terkait tingkat kepuasan peserta terhadap acara pengabdian masyarakat yang diselenggarakan. Dengan tingkat kepuasan keseluruhan pelaku wisata yang setuju lebih dari 90% atas isi materi dan pelaksanaan kegiatan, memberikan keyakinan bahwa materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan para peserta. Selain itu, hal yang sama juga ditunjukkan dengan hasil 100% sangat setuju untuk melanjutkan materi ini, menunjukkan bahwa para peserta menginginkan materi ini berlanjut di masa yang akan datang.