Telkom University Ajak Pemerintah dan Industri Buat Inisiatif Ekonomi Digital

Telkom University Ajak Pemerintah dan Industri Buat Inisiatif Ekonomi Digital

Ellavie Ichlasa Amalia    •    02 Juni 2016 16:01 WIB

Sumber

Metrotvnews.com, Jakarta: Berlokasi di Graha Merah Putih, Kamis (2/6/2016), Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Telkom University mengadakan diskusi panel berjudul “Digital Indonesia Initiative: Digital Transformation for National Competitiveness.”

Diskusi ini diadakan dengan harapan akan mendorong para stakeholder alias pemangku kepentingan yaitu pemerintah, industri, akademisi, komunitas dan media agar bekerja sama untuk merumuskan inisiatif ekonomi digital untuk Indonesia.

“Indonesia sebagai negara belum memiliki inisiatif digital sampai dengan saat ini. Dengan diselenggarakan diskusi panel ini, kami dari Program studi S2 MM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University mencoba untuk mengusulkan tiga platform untuk menjadi inisiatif digital Indonesia, yaitu infrastruktur, e-commerce dan kompetensi,” ujar Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University, Dodie Tricahyono.

Dalam platform infrastruktur, ada beberapa hal yang Dodie bahas. Poin pertama adalah regulasi. Mengenai masalah regulasi, Dodie mengatakan, regulasi yang terintegrasi dengan baik dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah telah tersosialisasikan dengan baik. Poin kedua dari infrastruktur adalah strategi deployment yang bertujuan untuk menurunkan harga agar dapat dijangkau oleh masyarakat.

Dodie juga menekankan peran pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai International Hub. Sementara untuk masalah infrastruktur OTT (Over The Top), dia menganggap, model bisnis yang ada sekarang masih perlu dikaji agar dapat menemukan model bisnis yang tepat.

Di poin terakhir untuk infrastruktur, dia mengatakan bahwa pemerintah, akademisi dan industri harus melakukan diskusi untuk melakukan penelitian yang dapat diterapkan.

Dalam platform e-commerce, Dodie membagi bisnis digital menjadi 4 elemen: e-commerce, e-money, shipment/logistik dan big data. “Empat elemen ini harus dikelola oleh perusahaan dengan baik untuk dapat sukses di digital business,” kata Dodie.

Sementara itu, dia menyebutkan, meski Indonesia tidak memiliki bisnis model yang khas, tapi satu hal penting yang harus perusahaan perhatikan adalah kemampuan untuk membaca peluang. Mereka harus dapat melihat apa yang masyarakat lokal butuhkan atau inginkan.

“Untuk mengembangkan digital startup company, kita dapat belajar dari Apple, yang memiliki tiga fungsi yaitu Operation, Venture Capital dan Geek yang dapat berpikir out of the box,” kata Dodie.

Platform terakhir yang tidak kalah penting adalah masalah kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia).

(MMI)

Tinggalkan Balasan