Home » News
Upaya Menjadikan Desa Neglasari Menjadi Pusat Komoditas Beras

Upaya Menjadikan Desa Neglasari Menjadi Pusat Komoditas Beras

Pada hari Sabtu, 28 Juli 2018 telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi Desa Neglasari, kecamatan Majalaya, kabupaten Bandung. Pada kegiatan ini dilaksanakan pendampingan untuk perbaikan proses distribusi komoditas beras yang merupakan komoditas unggulan di desa tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pada hari yang sama dengan tema “Pengelolaan Distribusi Beras desa Neglasari”, dengan tiga narasumber, yaitu Herry Irawan, MM., MT., (topik: Sistem Distribusi Komoditas Beras), Drs. Soeparwoto, MBA. (Pemanfaatan Teknologi untuk Distribusi Beras), dan Sri Widiyanesti, ST., MM. (topik: Desain Kemasan).

Selama ini produk beras desa Neglasari sudah menembus pasar nasional melalui Jakarta, namun beras tersebut tidak memiliki brand khusus, sehingga ke-khas-an dari produk beras desa Neglasari ini tidak dikenal masyarakat luas. Oleh karena itu melalui kegiatan abdimas kali ini, tim dosen FEB mencoba membantu mendesain berbagai varian kemasan baik berjenis regular maupun premium, dengan harapan bisa meningkatkan awareness masyarakat mengenai produk beras desa Neglasari.

Hasil diskusi tim abdimas dengan kepaLa desa Neglasari, bpk Asep Zaenal Malik Ibrahim , beliau sangat mengharapkan desanya menjadi desa yang mandiri, salah satunya dengan meningkatkan citra komoditas pertanian dari desa Neglasari, termasuk beras, menjadi komoditas unggulan. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan kali ini bisa mendukung program kepala desa untuk mewujudkan visinya, serta dapat dilanjutkan dengan kegiatan lain yang berkelanjutan.