Telkom University Tunjukkan Kualitas Dengan Akreditasi Internasional

Telkom University Tunjukkan Kualitas Dengan Akreditasi Internasional

Source : Bisnis Indonesia, Minggu (3/4/2016)
Online : http://kabar24.bisnis.com/read/20160403/255/533940/telkom-university-tunjukkan-kualitas-dengan-akreditasi-internasional
Editor : Fatkhul Maskur

Kabar24.com, JAKARTA – Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University berhasil meraih akreditasi internasional dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21). Akreditasi tersebut diterima pada 2 Maret 2016 dari lembaga akreditasi yang berbasis di Tokyo, Jepang.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University Dodie Tricahyono mengatakan akreditas ABEST21 menunjukkan bahwa program magister manajemen (MM) yang mereka miliki mempunyai kualitas yang tinggi. “Selain menunjukkan kualitas kami terjamin, kami mendapat keuntungan dengan terbukanya akses jaringan global dengan universitas maupun pihak lain terutama di Asia,” ujarnya.

Telkom University memulai proses akreditasi pada akhir 2014 dan melalui berbagai tahapan termasuk kunjungan dari tim penilai ABEST21 serta penyerahan dokumen mengenai visi misi program MM tersebut. ABEST21 menekankan pada sisi globalisasi dan kekhasan lokal yang dimiliki masing-masing universitas. Di luar Telkom University, perguruan tinggi lain di Indonesia yang juga mempunyai akreditasi ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Namun, jumlah anggota ABEST21 dari Indonesia secara keseluruhan adalah sebanyak 20 perguruan tinggi. Tidak semua anggota ABEST21 sudah mendapatkan akreditasi dari lembaga itu karena memerlukan proses tersendiri. Anggota yang belum terakreditasi disebut affiliate member.

Menurut Dodie, keunggulan yang dimiliki program MM Telkom University adalah konsep blended learning yang merupakan gabungan antara kelas tradisional tatap muka dengan proses belajar online. Contohnya, dari 14 kali pertemuan, mahasiswa tetap diwajibkan hadir saat ujian. “Ke depan, kami akan perbaiki proses blended learning ini dengan menambahkan materi digital yang memungkinkan mahasiswa belajar kapan saja, di mana saja.

Yang penting, mereka harus masuk dalam sistem untuk tercatat telah belajar sendiri. Yang kedua, program internasional ini, kami mengangkat dual degree, membuat kelas internasional, dan menerima mahasiswa asing,” tuturnya.

Akreditasi ABEST21 berlaku selama 5 tahun, tetapi lembaga tersebut tetap melakukan evaluasi berkelanjutan setiap tahunnya. Hal ini dilakukan agar perguruan tinggi terkait tetap berinovasi

 

Leave a Comment