Home » News
Peran Penting IT Dalam Melayani Pelanggan

Peran Penting IT Dalam Melayani Pelanggan

Bandung Tel-U – Saat ini Teknologi Informasi (TI) telah memegang peranan penting disegala aspek, baik dalam bisnis, hiburan, kedokteran, pendidikan dan lain sebagainya. Hal ini tidak lepas dari perkembangan yang sangat pesat dibidang TI.

Dalam hal bisnis, contohnya seperti di PT. Telkom Indonesia yang sudah menggunakan TI hampir 100% dalam melayani pelanggannya. Saat ini interaksi pelanggan dengan menggunakan people sudah mulai tidak digunakan lagi oleh Telkom walaupun masih tetap ada untuk melayani pelanggan secara khusus.

“Saat ini orang tidak perlu lagi datang ke perusahaan hanya untuk mencari tahu informasi produk, sekarang pelanggan sudah menggunakan website untuk mencari informasi tersebut”. Kata I Wayan Sukerta, ST.,MSC SM Enterprise Management System Acquisition Divisi IT Service & Solution saat memberika kuliah umum kepada mahasiswa MBTI Tel-U pada hari Senin, 4 Mei 2015.

I Wayan juga menjelaskan, keberhasilan dari suatu pelayanan berbasis TI adalah perusahaan harus mampu memberikanexperience kepada pelanggan yang konsisten disetiap channel-nya. Hal ini penting untuk menciptakan kepuasan para pelanggan.

“Telkom saat ini sudah memiliki Digital Command Ceter untuk memantau keluhan-keluhan pelanggan yang mereka sampaikan melalui social media. Petugas yang berada di DCD akan menganalisis, dan kemudian mengirimkan masalah pelanggan tersebut ke unit yang bersangkutan untuk diselesaikan”. Kata I Wayan. (FEB/Tys)

Leave a Comment