Home » News
Direktur Pendidikan Tinggi Yayasan Pendidikan Telkom Tutup Usia

Direktur Pendidikan Tinggi Yayasan Pendidikan Telkom Tutup Usia

BANDUNG, TEL-U – Sivitas Akademika Telkom University (Tel-U) berduka. Direktur Pendidikan Tinggi Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) atau Telkom Foundation, Dr Yudi Pramudiana Ir, MM, MT, yang sekaligus dosen Tel-U, meninggal dunia, Rabu (7/9) sekitar pukul 19:20 WIB di RS Borromoeus, Bandung karena sakit.

Ratusan warga akademik kampus (sivitas akademika) Tel-U melepas kepergian almarhum dengan menggelar doa bersama di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Tel-U Lt.5 Kamis (8/9) pagi. Doa dipimpin langsung oleh Wakil Rektor 4 Dr M Yahya Arwiyah SH, MH, dan dihadiri oleh pimpinan, dosen dan mahasiswa Tel-U. Setelah itu, mereka melayat ke rumah duka di Megaraya 1 Nomor 20 Bandung. Setelah disolatkan di masjid terdekat, almarhum dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sirnaraga Kota Bandung.

Semasa hidupnya almarhum dikenal sebagai pekerja keras yang ramah dan cerdas. “Sosoknya yang selalu menyunggingkan senyum dan rajin sekali menyapa orang yang dikenalnya , bagian dari keseharianya,” ujar Warek 4.

Terkadang, saat berdiskusi dengan rekan kerja atau mahasiswanya, dia menyampaikan gagasan atau pemikirannya secara langsung tanpa beban “Itu sebagai bentuk kejujuran dari pemikiran beliau yang disampaikan secara lugas,”ujar Dekan FEB, Dodie Tricahyono, MM, PhD.

Perjalanan karir almarhum dimulai dengan bekerja sebagai asisten peneliti pada lembaga penelitian planologi ITB (1986), lalu membantu Development Technology Center ITB (1987). Setelah itu menjadi Associate Consultant pada Louis Berger Internasional Consultant (1988), lalu pindah ke perusahaan Planning & Development Collaborative (PADCO) International (1989-1990).

Sejak tahun 1990, almarhum menjadi tenaga profesional dan Associate Professor di Institute Management Telkom (IM Telkom). Di sini almarhum pernah menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana IM Telkom (2000-2004). Setelah itu pria kelahiran 22 Oktober 1963 itu menjabat Managing Partner Grant Torch Consultant (2004-2005), Direktur Dukungan Managemen (2008), Direktur Quality Assurance & System Information (2009-2010), Kepala Kelompok Bidang Keahlian Strategic Management (2011-2013), dan Wakil Rektor IM Telkom (2010-2013).

Dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, almarhum pernah menjadi Ketua Yayasan Pengelola TK dan SD Islam Al Azhar 30 Bandung, yang berafiliasi dengan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Azhar Jakarta. Selain itu sebagai anggota dari Indonesia Association of Planners, Dr Yudi juga menerbitkan buku Peluang Bisnis Wimax di Indonesia (2007) dan buku Highlight Anatomi dan Dinamika Industri Semen di Indonesia, Business Plan: Bagaimana Memulai dan Menjalankan Bisnis Baru, serta banyak karyanya dalam bidang bisnis.

Selamat jalan, Dr Yudi. Ilmu yang telah Engkau berikan kepada kami tidak akan lekang oleh waktu. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiin. (purel/aw)

Comments are closed.