Home » News
Dansektor 22 Satgas Citarum Apresiasi Kegiatan Ecobrick

Dansektor 22 Satgas Citarum Apresiasi Kegiatan Ecobrick

SOROTINDONESIA.COM, Bandung,- Dansektor 22 Satgas Citarum Kolonel Inf Asep Rahman Taufik apresiasi kegiatan Ecobrick berbasis rumah tangga yang digagas oleh Dr Ir Ratna Nugroho, MM., Ketua Tim PkM, Fak. Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom yang juga selaku Ketua Forum Gemricik, yang dilaksanakan di Rw 05 Keluarahan Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Kamis (11/10/2018).

Pada kegiatan yang dihadiri oleh warga yang mayoritasnya adalah emak-emak ini, tampak dengan tekun membuat kriya dari barang bekas berupa botol air mineral dan serpihan sampah plastik yang disusun sedemikian rupa hingga menjadi seperti bricks (bata) yang berbentuk melingkar.

“Saya apresiasi kegiatan ini, baik secara edukasi maupun teknologinya, ini sudah kita lihat produk-produk yang dilakukan, menjadi inspirasi dan pemicu semangat bagi warga di RW lainnya,” kata Kolonel Inf Asep Rahman Taufik pada sambutannya di acara tersebut.

Dilanjutkan olehnya, “Kenapa saya support kegiatan ini, karena sangat erat hubungannya dengan Citarum Harum. Kita bisa lihat, Satgas Citarum Subsektor 08 disini senantiasa bersinergi dengan warga untuk membersihkan sampah di sungai,” kata Asep. “Sampah juga ternyata bisa memiliki hasil guna menjadi sesuatu produk yang kreatif,” tambahnya.

Dansektor 22 Satgas Citarum Kolonel Inf Asep Rahman Taufik mencoba membuat Ecobrick dari botol bekas air mineral dan sampah plastik di RW 05 Keluarahan Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Kamis (11/10/2018).
Dansektor 22 Satgas Citarum Kolonel Inf Asep Rahman Taufik mencoba membuat Ecobrick dari botol bekas air mineral dan sampah plastik di RW 05 Keluarahan Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Kamis (11/10/2018).

“Dengan bersinergi dan bersama-sama semua komponen, mudah-mudahan Sungai Citarum dalam waktu kurang dari tujuh tahun sudah bisa terselesaikan sesuai dengan yang diidamkan,” pungkas Asep.

Pada kesempatan terpisah, Ratna Nugroho, menjelaskan terkait dengan kegiatan Ecobricks yang juga menghadirkan Ibu Gita Noerwardhani (www.paragita.or.id) sebagai salasatu pembicara dalam acara tersebut, “Targetnya kami mengajak warga supaya nanti bisa berkreasi dengan ecobricks, karena ecobricks ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk kursi, tempat sampah, bagaimana kita mengkreasikannya itu kan awalnya dari sampah plastik dan bisa memiliki nilai ekonomis,” jelas Ratna.

“Bagi masyarakat bila tidak ada benefit secara ekonomi, tentunya bisa ada hambatan,” terangnya.

Dilanjutkan oleh Ratna, ini harus ada proses, butuh kesabaran. “Bila ditopang oleh kesabaran, hasil tidak akan mengkhianati proses,” harapnya, optimis.

Ketua RW 05 Kelurahan Cipaganti, H Wahrisman, dikesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang peduli terhadap lingkungan, khususnya di lingkungan RW 05, “Saya ucapkan terimakasih atas kegiatan-kegiatan seperti ecobrick ini, besar manfaatnya. Khususnya untuk wilayah kami sendiri. Ecobrick menjadi ilmu baru buat warga, yang tadinya sampah hasil pemilahan itu ditimbang, sekarang akan lebih bermanfaat lagi,” ucapnya.

Untuk Program Citarum harum sendiri, dikatakan oleh H Wahrisman, “Ini Sungai Cibarani (dulu Cilimus) yang melintas diwilayah kami, kami berencana akan melakukan bersih-bersih. Kita akan buat gebrakan, termasuk juga OTT. Agar kesadaran warga masyarakat untuk menjaga lingkungan semakin meningkat,” ujarnya yang diwilayahnya sudah ada slogan penyemangat MENUJU RW-05 BEBAS SAMPAH. [St]

sumber : http://sorotindonesia.com/dansektor-22-satgas-citarum-apresiasi-kegiatan-ecobrick/