4 Kiat Sukses Jadi Reseller Baju Muslim

4 Kiat Sukses Jadi Reseller Baju Muslim

Ada beberapa langkah yang dilakukan Lia Yuldinawati dalam menjalanlan bisnis baju muslimnya. Menurut wanita kelahiran 1975 yang kini mengenyam pendidikan S3 di Twente University, Belanda, ini ada empat kiat sukses berbisnis busana muslim, yakni

1. Fokus

Pertama adalah fokus di mana pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus melihat ke diri sendiri, melihat kompetesi diri sendiri seperti apa, bisa melakukan kemampuannya di mana.

“Fokus di situ jangan sampai melihat bahwa di kanan-kiri kita lagi musim bisnis apa kemudian kita mengikutinya,” tuturnya kepada Warta Ekonomi di Bandung, Minggu (26/3/2017).

2. Skill/Kemampuan

Ketika kita sudah maka fokus yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas diri. Kemampuan setiap individu harus ditingkatkan sehingga bisa bersaing di dunia wirausaha.

3. Inovasi

Dalam membangun bisnis sebuah inovasi atau kreativitas wajib dimiliki oleh setiap pelaku UMKM. Menurutnya, kreativitas itu sederhana, hanya melihat dari sudut pandang yang berbeda, kemudian kita kawinkan dengan peluang maka akan melahirkan apa yang kita sebut sebagai inovasi.

“Sehingga kita akan menambahkan sesuatu dari produk lama, tetapi lebih memiliki nilai tambah,” ujarnya.

Ia mengatakan hal yang paling penting dikerjakan bukan hanya untuk mencari keuntungan pribadi melainkan memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga apa yang dibuat pasti ada yang membeli.

“Kalau jalannya berawal dari idealisme dengan mengklaim dirinya sebagai ahli di bidang yang menurut dirinya sendiri bahkan produknya diklaim sudah baik namun tidak ada konsumen yang membutuhkannya maka sampai kapanpun tidak akan mendapatkan pasarnya atau pembelinya,” paparnya.

4. Helicopter View

Memandang pasar dari produk yang kita hasilkan harus dilihat secara helicopter view artinya dilihat apa yang bisa kita produksi bagi orang banyak.

“Apa yang mampu mulailah dengan meningkatkan kemampuan diri,” pungkasnya.

Intinya fokus, kreativitas, dan inovasi menjadi andalan bisnis yang dilakukan Lia. Jika poin-poin tersebut dikerjakan maka bukan hal yang mustahil bisnis UMKM yang Anda jalani semakin moncer.

Tag: Lia Yuldinawati

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Cahyo Prayogo

Sumber : http://wartaekonomi.co.id/berita135475/4-kiat-sukses-jadi-reseller-baju-muslim.html

 

Comments are closed.